Agro wisata Kopi Luwak

Hasil gambar untuk Agro wisata Kopi LuwakPulau Bali merupakan salah satu penghasil kopi di Indonesia walau dari sejarahnya agak tertinggal dengan perkebunan kopi di daerah lain di Indonesia. Secara tradisi, Bali merupakan penghasil kopi robusta yang dikembangkan secara organik karena ketimpangan harga jual dengan biaya pemupukan modern. Perkebunan kopi di Bali biasanya dimiliki oleh para petani kecil dengan lahan terbatas dan dikelola secara kolektif dalam sistem koperasi khas masyarakat Bali. Beberapa perkebunan sudah dikembangkan secara modern dan banyak yang sudah dijadikan obyek wisata para turis mancanegara sebagai obyek agro wisata kopi dan tanaman perkebunan lainnya seperti vanili, cengkeh, dan beberapa jenis tanaman rempah.

Di Bali saat ini sudah sangat mudah ditemui petani kopi yang memiliki lahan perkebunan  yang dijadikan sebagai Agro wisata bagi para wisatawan mancanegara atau pun wisatawan domestik. Mereka tersebar di berbagai daerah seperti di Kintamani – Kabupaten Bangli, di desa Luwus kabupaten Tabanan, dan beberapa daerah lainnya yang memiliki suhu udara yang sejuk, yang memungkinkan perkebunan ini dapat tumbuh dengan subur.

Dengan adanya Agro wisata ini, wisatawan diperkenalkan berbagai jenis tanaman kopi, jenis tanaman rempah, bahkan tanaman buah yang mungkin belum banyak orang yang  pernah melihat pohonnya. Yang lebih menarik lagi, wisatawan dapat menikmati sajian minuman hasil perkebunan dengan Cuma Cuma, alias gratis, seperti teh rosela, teh gingseng, teh jahe, kopi bali, coklat, dll. Namun jika wisatawan ingin menikmati sajian secangkir kopi luwak, wisatawan hanya perlu membayar Rp. 50.000,- / cup.
Sambil duduk santai menikmati sajian hasil olahan perkebunan petani setempat, dan dikelilingi pepohonan yang rindang bersama keluarga ataupun teman, membuat banyak wisatawan yang mengunjungi Agro wisata ini.

Petani Agro wisata juga menyediakan tempat untuk mendisplay produk produk olahan hasil perkebunan mereka, untuk ditawarkan bagi para pengunjung yang mungkin ingin membeli beberapa produk mereka yang diolah dengan tradisional tersebut.
Karena pengerjaannya sangat tradisional, maka mutu dan kualitas produknya sangat bagus dan dijamin keasliannya.

Bagi anda wisatawan ingin mengetahui banyak tentang agro wisata di bali, tidak ada salahnya anda mengunjungi tempat tersebut saat liburan anda di Bali.

Leave a Comment

Your email address will not be published. All fields are required.