Kerajinan Batik dan Kain Tenun Khas Bali

Hasil gambar untuk Kerajinan Batik dan Kain Tenun Khas BaliDesa Tohpati yang terletak sekitar 10 menit dari pusat kota Denpasar ini terkenal dikalangan wisatawan sebagai pusat dari kerajinan batik di Bali. Memasuki daerah ini, di kanan kiri terlihat adanya berbagai macam Gallery pengerajin kain tenun dan Batik Bali. Ada beberapa gallery Batik yang terkenal di daerah ini, namun yang paling populer adalah Bidadari Batik dan Sari Amerta Batik.

Di Galery ini, pengunjung tidak hanya ditawarkan beberapa motif batik khas Bali dan Kain tenun saja, tetapi yang lebih menarik adalah, pengunjung dapat dengan langsung menyaksikan proses pembuatan Batik dan kain tenun khas Bali dari awal sampai menjadi bahan kain jadi yang dikerjakan dengan peralatan tradisional. Jadi, bukan cuman di Jogja saja kita bisa melihat bagaimana cara orang membatik cukup datang ke Tohpati saja anda juga dapat mengetahui bagaimana batik dibuat. Selain melihat cara membuat batik, ada juga petunjuk dalam bentuk selebaran dan display batik yang banyak begitu banyak di dalam ruangan dalam.
Selain Motifnya yang khas, di dalam Galery juga tersedia berbagai jenis model pakaian, ada baju, gaun tidur, ataupun dress dress batik yang biasa dipakai sebagai baju liburan. Baju yang sedikit resmi tersedia juga untuk para lelaki penyuka batik. Koleksinya lengkap sampai lulisan batik, tas, kipas dan berbagai barang lainnya.

Karena pembuatannya masih menggunakan peralatan yang sangat tradisional, sehingga harga dari setiap kain yang ditawarkan boleh dibilang mahal jika dibanding kain Batik atau tenun yang di beli di pasar-pasar seni. Namun dari segi kualitas, kain yang ditawarkan di galery ini sangat dijamin kualitasnya. Bagi wisatawan domestik biasanya disediakan harga khusus atau discount dari 10 – 15 %.

Leave a Comment

Your email address will not be published. All fields are required.