Pantai Kuta

Hasil gambar untuk pantai kutaPantai Kuta terletak di wilayah Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten  Badung yang berjarak 3 km atau sekitar 10 menit dari Bandara Internasional Ngurah Rai atau sekitar 30 menit  dari Denpasar. Kuta merupakan kawasan wisata yang paling populer dan belum tergantikan dengan tempat wisata lainnya di Bali.

Berdasarkan catatan sejarah, pada awalnya Kuta merupakan sebuah desa nelayan yang juga merupakan sebuah pusat pelabuhan bagi kapal – kapal pedagang yang datang dari luar bali untuk melakukan kegiatan jual beli bagi para masyarakan dan Raja – raja di Bali. Hal itu dapat dilihat dari keberadaan konco yang terletak di pinggir sungai (Tukad Mati) yang saat itu sungai tersebut dapat dilayari dengan perahu-perahu yang dapat masuk sampai ke daerah pedalaman Kuta. Pada sekitar abad ke-19, seorang pedagang yang berasal dari Denmark yang bernama Mads Longe mendirikan markas dagangnya di pinggir sungai tersebut. Mads Longe selama tinggal menetap di Bali seringkali menjadi penghubung atau perantara antara raja-raja yang ada di Bali dengan pedagang-pedagang Belanda. Kemudian seorang penulis bernama Hugh Mahbett menerbitkan sebuah buku berjudul “Praise to Kuta” yang melukiskan keindahan pantai Kuta, yang mampu membuat para pembacanya penasaran dan ingin berkunjung ke Kuta. Melihat banyaknya turis yang berkunjung ke Kuta, Hugh Mahbett kemudian mengajak masyarakat setempat untuk menyiapkan fasilitas akomodasi wisata,yang bertujuan untuk mengantisipasi ledakan wisatawan yang berkunjung ke Kuta. Dari sinilah cikal bakal pariwisata Bali mulai dikenal oleh wisatawan mancanegara hingga sampai saat ini.

Pantai Kuta berada di bagian sebelah barat yang menghadap Selat Bali dengan bentuk pantai yang landai serta panjangnya mencapai lebih kurang 2 km dari arah utara ke selatan, dengan letak pantai seperti itu, hal yang paling ditunggu oleh setiap pengunjung di pantai Kuta adalah saat-saat matahari akan terbenam (sunset).
Di sebelah kanan jalan terdapat beberapa hotel berbintang, restoran, cafe, toko swalayan, dan lain sebagainya. Sehingga antara pesisir pantai dengan fasilitas itu hanya dipisahkan dengan jalan selebar sekitar lima meter. Pantai Kuta merupakan tempat favorit untuk berjemur dan berselancar (surfing). Pada hari-hari biasa pengunjung yang datang bisa mencapai ribuan orang. Sedangkan pada hari-hari libur atau akhir pekan, di sepanjang pantai akan terlihat sangat ramai sehingga menimbulkan kemacetan yang sangat parah

Kawasan wisata Kuta merupakan pusat kegiatan wisata sehingga segala bentuk fasilitas dan kebutuhan wisatawan berada di tempat ini. Mulai dari penginapan hingga hotel berbintang, berbagai macam restoran,cafe, spa, toko-toko cinderamata hingga pusat perbelanjaan tradisional maupun mall tersebar di kawasan ini. Tidah hanya itu saja, kawasan Kuta juga menyediakan beberapa hiburan malam yang seperti cafe, bar, pub, dan diskotik. Umumnya tempat-tempat ini mulai ramai dikunjungi di atas pukul 21.00 dengan menyajikan beraneka ragam hiburan. Ada yang menyajikan musik khas kehidupan pantai (musik reggae) dan adapula yang menyajikan pertunjukkan kabaret dengan menampilkan para penarinya serta masih banyak hiburan-hiburan yang lain. Tempat-tempat hiburan ini merupakan pilihan yang diperuntukkan bagi kalangan dewasa yang ingin menikmati dunia malam setelah siang harinya menikmati indahnya pasir putih pantai Kuta.

Leave a Comment

Your email address will not be published. All fields are required.